5 Pertanyaan yang Perlu Anda Tanyakan Sebelum Melakukan Trading

Menjadi seorang trader memang butuh keberanian dalam mengambil risiko. Tapi bukan berarti Anda bisa mengambil risiko tanpa perhitungan. Apabila Anda tidak ingin memulai sesuatu yang kemungkinan besar akan gagal, sebaiknya pahami betul apa yang akan Anda lakukan.

Berdasarkan fakta di lapangan, lebih dari 95% trader gagal. Bahkan hanya 1% yang menghasilkan profit bersih. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya persiapan dan hanya ikut-ikutan. Bukan logika yang bermain, melainkan hanya ego untuk mendapatkan untung besar.

Pertanyaaan sebelum trading

Jadi, apabila Anda tidak ingin menjadi bagian dari yang gagal, sebaiknya tanyakan 5 pertanyaan ini kepada diri Anda sebelum memulai trading.

1. Apakah Saya Sudah Siap?

Sebelum melakukan trading, tanyakan pada diri sendiri apakah siap mendapatkan reward beserta risikonya. Tidak hanya siap untung, tetapi juga siap rugi. Sebelum melakukan trading, taanyakan pada diri Anda apakah pikiran sudah jernih? Apakah sudah mendapatkan tidur yang cukup?
Memang terkesan tidak penting, namun kesiapan mental sangat penting ketika mengambil keputusan. Jangan sampai karena Anda banyak pikiran dan kurang tidur, Anda mengambil keputusan secara emosional tanpa pertimbangan.

Jika mental sudah siap, tanyakan apakah Anda sudah mendapatkan pendidikan atau training mengenai trading? Apakah Anda sudah paham apa itu saham, sektor, dan pasar yang membuat Anda yakin melakukan trading? Jangan sampai Anda trading hanya untuk mencoba peruntungan, kalau itu yang Anda lakukan maka tidak jauh berbeda dengan gambling.

2. Apakah Saya Sudah Melakukan Riset

Jika Anda adalah seorang day trader yang mengambil sedikit keuntungan dari setiap trading, mungkin melakukan riset dianggap buang-buang waktu. Toh, keuntungannya juga sedikit. Meskipun begitu, jangan mencoba melakukan trading tanpa melakukan riset yang cukup mengenai saham tersebut.
Bahkan kalau Anda mau membeli barang online, Anda pasti lihat reviewnya dulu untuk mengetahui toko tersebut terpercaya atau tidak. Sama halnya dengan saham, risetlah dulu untuk mengurangi risiko yang sebenarnya tidak perlu.

3. Apakah Saya Siap Kecewa?

Masuk ke dunia trading memang menawarkan dua kemungkinan, untung dan rugi. Oleh karea itu, Anda juga harus siap dengan dua kemungkinan tersebut. Tanyakan apakah Anda siap jika trading gagal dan Anda kehilangan semua uang Anda?
Pertanyaan ini bukan untuk menakuti, melainkan untuk memastikan bahwa Anda mampu mengurangi risiko. Jika Anda tidak pernah berpikir mengenai risiko, Anda juga tidak akan berpikir mengenai tindakan pencegahan terjadinya risiko tersebut.

4. Apakah Anda Terlalu Memaksakan Trading Ini?

Keinginan yang kuat untuk mendapat untung biasanya membuat trader menutup diri dengan berbegai kemungkinan padahal sudah ada tanda bahwa trading tersebut tidak akan berhasil.
Pahamilah bahwa setiap perdagangan itu unik dan memerlukan pendekatan yang berbeda-beda. Belum tentu teknik yang Anda gunakan sebelumnya akan berhasil kali ini. Dan jangan sombong, sekalinya Anda sombong, pasar akan mudah sekali melawan Anda.

Sebagai seorang trader, Anda tidak akan membiarkan keinginan tersebut menguasai Anda, melainkan logika dan rasional yang harus bermain.

5. Apakah Anda Bisa Melihat Polanya?

Setiap perdagangan memang unik, namun terkadang perdagangan kali ini membentuk sebuah pola yang sama dengan perdagangan sebelumnya yang mana pola tersebut bisa menjadi sinyal akan potensi profit. Melihat pola dari setiap trading adalah cara yang bagus untuk menilai apakah saham tersebut layak dibeli atau tidak.

Itu dia 5 pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri sebelum melakukan trading, terutama bagi pemula. Namun seiring berjalannya waktu, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan tertanam dengan sendirinya, dan Anda akan secara spontan menganggapnya sebagai pertimbangan sebelum melakukan trading