Belajar dari Kerugian Besar Akibat Kenaikan Harga Emas

Hari ini saya dapat banyak messenger dari teman2 saya yg aktif trading. Banyak yg mengalami kerugian besar bahkan ada yg sampai margin call gara2 Gold. Pergerakan harga di XAUUSD memang sangat kuat bullishnya. XAUUSD tembus resistance tertinggi di tahun 2011.

Belajar dari kenaikan harga Emas

Rekor terbaru di XAUUSD dan secara teknikal sudah tidak ada acuan resistance lagi, secara teknikal pun semua indikasi trend sangat kuat untuk mendongkrak naik. Apalagi logam mulia di kondisi krisis seperti saat ini dinilai sebagai aset perlindungan terbaik.

Jika terkena margin call di gold, bukan karena market yg tidak bisa dikendalikan ataupun pergerakan di gold liar. Sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa mengendalikan market, tapi pikiran dan ego kitalah yg seharusnya mengikuti dan menyesuaikan dengan kondisi market, bagaimanapun itu kondisinya.

Dan rata2 penyebab margin call nya adalah ngga tau kapan harus buang posisi saat merugi, serta money management yg tidak ter manage dengan baik. Dan hal tersebut adalah penyakit nya para trader. Saya pun juga pernah mengalaminya.

Saat mengalami posisi merugi, kita menambahkan posisi lagi dengan asumsi harga akan bergerak sesuai yg kita inginkan. Lagi2 kembali ke prinsip bahwa “market tidak akan mengikuti apa yg kita mau, tapi kitalah yg seharusnya beradaptasi dengan yg market lakukan”.

Semakin kita melawan dan harga bergerak semakin menjauh dari posisi entry poin kita, disinilah ego kita berperan. Psikologi trading yg sehat sangat2 dibutuhkan. Kita punya 2 opsi untuk membuang posisi walaupun sedang rugi atau mau bertahan dengan ego dan kemauan kita?

Sedangkan jika melihat floating minus yang semakin banyak, pasti kita susah untuk membuang kerugian tersebut. Jika habbit ini terus dilakukan, kita tidak akan pernah tau sampai kapan kita bisa menahan kerugian tersebut. Nanti kalau sudah terkena margin call barulah kita sadar seharusnya kita buang posisi selagi sempat meskipun dalam keadaan merugi. Anggap saja kerugian tersebut adalah biaya belajar kita di dalam market.

Contoh case pada XAUUSD, siapa yg tau jika harga benar2 akan naik setinggi itu? Bahkan resistance tertinggi pun sudah di lewatin. Trader profesional manapun pasti akan sangat berhati2 dalam melakukan transaksi di gold ini dan mungkin akan lebih mencari aman dalam transaksinya.

Pengendalian diri (piskologi) dan money management adalah kuncinya untuk bertahan secara jangka panjang di market. Fokuslah dulu pada perlindungan aset yg kalian miliki saat ini, jangan sampai nunggu hilang dulu baru tersadar.

(Tulisan oleh FB: Boogie Antoro)