Review Mingguan Gold Akhir Maret 2020

Awal minggu lalu senin dan selasa GOLD membuat rebound cukup tajam sebesar $150 diakibatkan adanya sentimen positif dari rencana stimulus gajah dan kebijakan “bazooka ” the FED yang akan memborong obligasi yang akan dikeluarkan oleh perusahaan demi menjaga kelangsungan bisnis. Ditambah ada sebuah issue yang menyatakan bahwa banyak kawasan tambang emas dan pabrikan sudah menghentikan operasional dan produksi akibat dari corona ini.

Namun karena ada sedikit kealotan dalam mengesahkan stimulus gajah (telah di setujui Jumat oleh kongres $ 2,2 T), membuat gold berhenti bergerak liar selama rabu, kamis, jumat dimana untuk pertama kalinya dalam 2 minggu gold hanya berfluktuasi dibawah $50.

Serangan corona yang saat ini membuat amerika berada di peringkat pertama populasi terjangkit corona sebanyak 123,776 jiwa diatas Italia dan China juga membuat pelaku pasar was was atas kejatuhan kembali pasar modal US sehingga holding emas mungkin bukanlah sebuah pilihan yang tepat.
Karena keputusan stimulus baru disahkan Jumat malam dan direspon pasar secara negatif ( wallstreet ditutup minus 4%). Maka dianjurkan untuk melihat bagaimana reaksi pasar di hari senin. Jika pasar saham kembali minus maka saya menyarankan sedikit berhati-hati untuk buy GOLD.
Mungkin angka support 1594 dan resistance 1644 dapat di jadikan sebagai acuan technical kemana arah GOLD selanjutnya.